Etika berinternet

Internet bermula dari kebutuhan untuk menghubungkan beberapa komputer yaitu dengan jaringan. Semakin berkembangnya teknologi membuat pemakai internet juga semakin banyak. Dan beragam pula yang mereka lakukan menggunakan internet. Saat ini, mayoritas pemakai menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan pemakai-pemakai lain di seluruh penjuru dunia. Berbagi informasi, berkomunikasi, pengembangan diri, komersialiasi menjadi motif seseorang dalam memanfaatkan internet. Jarak dan biayapun menjadi semakin berkurang. Namun tidak semua pemakai dapat berpikir positif dalam menggunakan internet, penyalahgunaan masih sering dijumpai. Tindakan kurang sopan, asusila bahkan kriminal menjadi kendala dalam pengembangan teknologi jaringan ini.
Perlu langkah awal dari kita agar pemakaian internet tidak menyalahgunakannya, salah satunya dengan menghargai dan mematuhi etika-etika dalam berinternet., diantaranya adalah :
1. Hindari penggunaan huruf kapital

kalimat dengan huruf capital bisa diartikan sebagai ungkapan emosi, walau kadang-kadang penulis hanya bermaksud menegaskan kalimat tersebut.

2. Pesan Pribadi

Seperti di facebook, untuk pesan pribadi sebaiknya anda tulis melalui message jangan menulisnya di wall karena itu mungkin bisa membuka rahasia antara anda dan orang yang anda ajak komunikasi

3. Jangan memposting spam dan hoak

mengirim pesan secara bertubi-tubi dan dalam jumlah yang banyak akan sangat mengganggu penerima pesan, begitu pula dengan pesan yang berisi kebohongan, hal tersebut malah bisa membuat anda dihukum.

4. Isu berbau SARA

kita berinternet dengan banyak orang dengan banyak SARA, sehingga jangan sekali-kali menulis hal yang dapat menyakiti orang lain yang berbeda SARA dengan kita, atau menulis hal yang menjelek-jelekkan SARA.

5. Menulis dan berkomentarlah yang baik :

1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

6. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis

jika anda mengutip tulisan orang lain maka tulislah alamat artikel kutipan sehingga anda terhindar dari pencurian ide tau HAKI.

7. Beban bandwidth berlebih
Berilah info jelas tentang isi dan ukuran file yang anda posting, jangan membuat orang dongkol ketika mendownload file anda yang ternyata terlalu besar dan tidak penting. Dan jangan bebani halaman web blog dengan gambar atau media yang menguras bandwidth

Referensi : http://www.p2kp.org/forumdetil.asp?mid=33540&catid=9&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: